Home » Profil

Profil

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 137/D/0/201 tanggal 2 Agustus 2001, Yayasan Widyatama mendirikan Universitas Widyatama dengan lima Fakultas, termasuk salah satunya adalah Fakultas Bahasa yang sebelumnya adalah Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Bandung. Fakultas Bahasa memiliki 3 (tiga) Program Studi yaitu: Program Studi Bahasa Inggris S-1, Program Studi Bahasa Jepang D-III, dan Program Studi S-1 Bahasa Jepang.

Perkembangan industri yang sangat cepat dalam era globalisasi menuntut seseorang mampu beradaptasi dan eksis dalam dunia industri saat ini. Untuk itu diperlukan penguasaan bahasa asing, pengetahuan, gagasan, dan teknologi yang lebih praktis dan sesuai dengan perkembangan yang semakin cepat, kompleks serta tidak mudah diprediksi. Keadaan yang demikianlah mendorong Universitas Widyatama (UTama) mengembangkan Fakultas Bahasa, dengan 2 (dua) bidang bahasa asing, yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang untuk kemudian diharapkan dapat memenuhi perkembangan dunia industri dan bisnis. Saat ini, Fakultas Bahasa mengelola dan memberikan layanan pendidikan Prodi Bahasa Inggris S1, Prodi Bahasa Jepang S1, serta Prodi Bahasa Jepang D3.

 

Visi

Berdasarkan SK Rektor No.045/SK/G.02.02/REKTOR/V/2010 tentang Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Fakultas Bahasa, visi Fakultas Bahasa adalah: Menjadi fakultas yang professional dalam tata kelola program studi bidang bahasa di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan industri dalam persaingan global pada tahun 2022.

Misi

Untuk mencapai visi tersebut Fakultas Bahasa memiliki misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi kebahasaan dengan nuansa bisnis;
  2. Mengupayakan proses pembelajaran yang selalu mutakhir agar lulusan mampu mengembangkan diri;
  3. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang menunjang pengembangan dan penerapan ilmu kebahasaan;
  4. Mengembangkan kerjasama institusi untuk menciptakan keterkaitan dan relevansi dengan kebutuhan industri dan masyarakat.

Sistem Kebijakan Mutu

1. Kebijakan Mutu

Selalu berupaya untuk menghasilkan lulusan yang profesional yang memiliki keunggulan dan daya saing dan selalu mengembangkan diri dalam masyarakat global

2. Tujuan

Penyelenggaraan pendidikan di lingkungan Fakultas Bahasa bertujuan untuk:

  1. Menghasilkan Sarjana dan Ahli Madya yang memiliki pengetahuan di bidang Linguistik, Kepariwisataan, Perkantoran dan Penerjemahan.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan mampu bersaing serta beradaptasi dalam masyarakat global.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki soft skill dan ketrampilan berbahasa.
  4. Meningkatkan jumlah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  5. Meningkatkan jumlah kerjasama yang relevan dengan program studi.

3. Sasaran Mutu

Berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan, selanjutnya Fakultas Bahasa merumuskan sasaran Mutu Fakultas Bahasa, dengan uraian sebagai berikut:

  1. Sekurang-kurangnya 75% mahasiswa dapat lulus tepat waktu (≤ 9 semester untuk S-1, dan ≤ 7 semester untuk D-III) dengan prestasi yang memuaskan (≥ 2,75).
  2. Sekurang-kurangnya 75% lulusan memiliki nilai EPT (English Proficiency Test) minimal 450 untuk Program Studi Diploma III & Sarjana Bahasa Jepang, dan nilai EPT minimal 500 untuk Program Studi Bahasa Inggris.
  3. Sekurang-kurangnya 75% lulusan mampu menguasai dan mengoperasikan perangkat aplikasi komputer yang menunjang pada optimalisasi kompetensi bidang bahasa dan kebahasaan dengan baik.
  4. Kemampuan Bahasa Jepang lulus N3 untuk program S1 Bahasa Jepang dan setara dengan level N3 untuk program Diploma III, pada Nihongo Noryoku Shiken (Tes Kemampuan Bahasa Jepang) bagi mahasiswa Prodi Bahasa Jepang.
  5. Sekurang-kurangnya 75% dosen Fakultas Bahasa melakukan publikasi ilmiah satu kali dalam satu tahun akademik.
  6. Tercapainya 100% dosen Fakultas Bahasa terlibat dalam kegiatan Pengabdian pada Masyarakat satu kali dalam satu tahun akademik.
  7. Terlaksananya 75% dari seluruh potensi kerjasama di bidang pendidikan dengan institusi luar.