Home » Profil Singkat

Profil Singkat

Sekilas Pandang

Fakultas Bahasa, yang sebelumya merupakan Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Bandung, sejak 2001 menjadi bagian dari Universitas Widyatama. Kehadiran Fakultas Bahasa bukan tanpa alasan, dia lahir memberikan penguatan baik secara konseptual maupun institusional terhadap lembaga pedidikan tinggi. Yang dimaksud dengan penguatan konseptual adalah bahwa bahasa menjadi pilar pelengkap terhadap empat pilar bidang ilmu lainnya, yakni: Ekonomi, Bisnis, Teknologi, dan Seni sehingga menjadi lima pilar utama, yaitu: Ekonomi, Bisnis, Teknologi, Seni dan Bahasa. Dengan demikian, secara konseptual keberadaan pilar bahasa menjadi media transfer of knowledge bagi keempat pilar lainnya. Sementara itu, secara institusional keberadaan Fakultas Bahasa memberikan penguatan tersendiri terhadap berdirinya Universitas Widyatama, terutama terkait dengan syarat minimal jumlah prodi/fakultas yang harus dimiliki oleh sebuah universitas.

Fakultas Bahasa kini memiliki dua program studi, yaitu: Program Studi Bahasa Inggris S1 dan Program Studi Bahasa Jepang D3. Fakultas Bahasa terus menjalankan komitmennya dalam menjunjung Tri Dharma Perguruan Tinggi: Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, dengan melibatkan partisipasi aktif civitas academica. Selain itu, Fakultas Bahasa mendorong para faculty members untuk berlomba dalam mengembangkan institusi melalui partisipasi aktif dalam berbagai kegiatan di luar Tri Dharma Perguruan Tinggi, misalnya turut serta dalam meningkatkan mutu akreditasi program studi, partisipasi dalam seleksi perolehan dana hibah dari Dikti, dan mengaplikasikan kepakarannya di berbagai bidang dalam masyarakat luas.

Visi

Visi Fakultas Bahasa adalah menjadi lembaga pendidikan tinggi bahasa yang menghasilkan Sarjana dan Ahli Madya yang mampu berkomunikasi, memiliki ilmu humaniora dan berbudi luhur sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam masyarakat global di tahun 2018.

 

Misi

Untuk mencapai visi tersebut Fakultas Bahasa mengupayakan misi sebagai berikut:

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi kebahasaan dengan nuansa bisnis;
  • Mengupayakan proses pembelajaran yang selalu mutakhir agar lulusan mampu mengembangkan diri;
  • Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang menunjang pengembangan dan penerapan ilmu kebahasaan;
  • Mengembangkan kerjasama institusi untuk menciptakan keterkaitan dan relevansi dengan kebutuhan industri dan masyarakat.

 

Tujuan

Penyelenggaraan pendidikan dilingkungan Fakultas Bahasa bertujuan untuk:

  • Menghasilkan Sarjana dan Ahli Madya yang memiliki pengetahuan di bidang Kepariwisataan, Perkantoran dan Penerjemahan.
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan mampu bersaing serta beradaptasi dalam masyarakat global.
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki softskill dan ketrampilan berbahasa.
  • Meningkatkan jumlah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Meningkatkan jumlah kerjasama yang relevan dengan Program Studi.

Profil Lengkap