Home » Profil

Profil

Fakultas Bahasa merupakan salah satu fakultas yang lahir dari Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Bandung (STIBB) yang diselenggarakan Yayasan Widyatama. Pada bulan Agustus 2001, keempat Sekolah Tinggi di lingkungan Yayasan Widyatama membentuk Universitas Widyatama. Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Bandung (STIBB) berubah menjadi Fakutas Bahasa dengan Program Studi/Prodi Bahasa Inggris S1, dan Prodi Bahasa Jepang D3 Universitas Widyatama. Pembentukan Universitas Widyatama ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 137/D/0/2001 tanggal 2 Agustus 2001.

Perkembangan industri yang sangat cepat dalam era globalisasi menuntut seseorang mampu beradaptasi dan eksis dalam dunia industri saat ini. Untuk itu diperlukan penguasaan bahasa asing, pengetahuan, gagasan, dan teknologi yang lebih praktis dan sesuai dengan perkembangan yang semakin cepat, kompleks serta tidak mudah diprediksi. Keadaan yang demikianlah mendorong Universitas Widyatama (UTama) mengembangkan Fakultas Bahasa, dengan ?berbagai jurusan bahasa untuk lebih leluasa berkembang mengikuti perkembangan dunia industri dan bisnis. Saat ini, Fakultas Bahasa mengelola dan memberikan layanan pendidikan Prodi Bahasa Inggris S1, Prodi Bahasa Jepang S1, serta Prodi Bahasa Jepang D3.

Visi

Menjadi lembaga pendidikan tinggi bahasa yang menghasilkan Sarjana dan Ahli Madya yang mampu berkomunikasi, memiliki ilmu humaniora dan berbudi luhur sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam masyarakat global.

Keterangan Visi:

  1. Mampu berkomunikasi artinya sarjana dan ahli madya yang mampu menggunakan bahasa asing sesuai dengan bidangnya.
  2. Memiliki ilmu humaniora artinya lulusan yang menjunjung tinggi nilai-nilai berbudaya dan berperilaku baik.
  3. Berbudi luhur adalah sifat yang dimiliki oleh manusia yang mempunyai ciri-ciri budi luhur dalam kehidupannya, sehingga dapat diteladani oleh orang lain. Ciri yang dimaksud adalah perilaku yang terpuji, sesuai dengan pengertian budi luhur. Budi adalah sikap dan perilaku, sedangkan luhur artinya tinggi atau mulia. Manusia berbudi luhur mempunyai kecerdasan akal, mampu mengendalikan emosi atau perasaannya, berbahasa dengan baik, memiliki kecerdasan spiritual, dan bekerja secara cerdas. Lulusan Fakultas Bahasa yang berbudi luhur adalah lulusan yang memiliki sikap terpuji, memiliki kecerdasan akal, mampu mengendalikan emosi atau perasaannya, berbahasa dengan baik, memiliki kecerdasan spiritual, dan bekerja secara cerdas yang dapat diterima dengan baik di lingkungan masyarakat luas.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi kebahasaan dengan nuansa bisnis;
  2. Mengupayakan proses pembelajaran yang selalu mutakhir agar lulusan mampu mengembangkan diri;
  3. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang menunjang pengembangan dan penerapan ilmu kebahasaan;
  4. Mengembangkan kerjasama institusi untuk menciptakan keterkaitan dan relevansi dengan kebutuhan industri dan masyarakat.

Sistem Kebijakan Mutu

1. Kebijakan Mutu

Selalu berupaya untuk menghasilkan lulusan yang profesional yang memiliki keunggulan dan daya saing dan selalu mengembangkan diri dalam masyarakat global

2. Tujuan

  1. Menghasilkan Sarjana dan Ahli Madya yang memiliki pengetahuan di bidang Kepariwisataan, Perkantoran dan Penerjemahan.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan mampu bersaing serta beradaptasi dalam masyarakat global.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki soft skill dan ketrampilan berbahasa.
  4. Meningkatkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  5. Meningkatkan kerjasama yang relevan dengan program studi.

3. Sasaran Mutu

  1. Sekurang-kurangnya 75% mahasiswa dapat lulus tepat waktu dengan prestasi yang memuaskan (2,75).
  2. Sekurang-kurangnya 75% lulusan memiliki nilai EPT (English Proficiency Test) minimal 450 untuk Prodi Bahasa Jepang dan nilai EPT minimal 500 untuk Prodi Bahasa Inggris.
  3. Sekurang-kurangnya 75% lulusan mampu menguasai dan mengoperasikan perangkat aplikasi komputer yang menunjang pada optimalisasi kompetensi bidang bahasa dan kebahasaan dengan baik.

Kemampuan Bahasa Jepang setara dengan level N3 pada Nihongo Noryoku Shiken (Tes Kemampuan Bahasa Jepang) bagi mahasiswa Prodi Bahasa Jepang D3, dan setara dengan level N2 pada Nihongo Noryoku Shiken (Tes Kemampuan Bahasa Jepang) bagi mahasiswa Prodi Bahasa Jepang S1.